Saturday, 5 March 2011

asean scholarship: frequently asked questions part 1

halo lagi! berikut adalah penjelasan lengkap tentang beasiswa pertukaran mahasiswa ke bangkok, thailand, yang gue ikuti tahun lalu, diambil dari sini. yang dicetak miring adalah keterangan tambahan dari gue. laman ini akan terus diperbarui ketika ada pertanyaan baru yang masuk secara pribadi ke gue, supaya informasinya bisa diakses lebih banyak orang. semoga bermanfaat, dan semoga berhasil!

________________________________________


One Semester Exchange Student Scholarship for ASEAN Students

Those who are interested to join this program can see the information about the 2011 recruitment below.

Scholarship Includes:
* Tuition 78,000 Baht
(inilah yang bikin penerima bisa kuliah gratis; beasiswa biaya kuliah selama satu semester.)


* Expense fee 50,000 Baht
(dana tunai untuk biaya hidup selama program berlangsung, diperoleh ketika kuliah sudah mulai.)


Application Deadline: 31 March 2011
(ini adalah tenggat waktu aplikasi diterima di tujuan, bukan cap pos.)


Requirements of Eligible Applicants
1. Applicants must be undergraduate students in an accredited university in an ASEAN country except Thailand.
(tidak ada batasan semester, yang penting mahasiswa s-1 dan sudah punya indeks prestasi kumulatif. mahasiswa dari jurusan apapun bisa mendaftar. tidak ada batasan umur maupun ipk. "accredited university" berarti universitas yang sudah terakreditasi di negaranya, boleh negeri atau swasta.)

2. Applicants must be a citizen of any member ASEAN country except Thailand.
(kamu bukan warga negara thailand, kan? cukup jelas lah ya.)


3. All ASEAN students studying in Thailand are ineligible to apply.
(kamu tidak sedang kuliah di thailand, kan? sip, bisa daftar.)



Application Documents
1. Complete application form (download).
(isi sesuai data pribadi. disarankan untuk mencetak aplikasi dan mengisinya dengan ditulis tangan, karena toh harus ditandatangani juga.)

2. Statement of Purpose attached with the application form.
(cukup satu halaman itu saja. keep it short and simple. dan jangan lebay.)

3. Official transcript with latest GPAX
(transkrip nilai dengan indeks prestasi kumulatif terbaru, dalam bahasa inggris. silakan hubungi sub-bagian akademik di kampus masing-masing untuk keterangan lebih lanjut. gue dulu sih bikin transkripnya sendiri, terus dikasih ke bagian akademik untuk ditandatangani dan dicap. untuk terjemahan bahasa inggris nama-nama mata kuliah, minta ke dosen atau teman yang sudah lulus, karena transkrip nilai mereka ditulis dalam dua bahasa.)

4. One 1-inch photograph (face shot with no hat, sunglasses, or computer editing)
(pasfoto berwarna 3x4, ditempel di formulir aplikasi. jilbab boleh tetap dipakai, tapi gue ga tahu kalau cadar. lainnya cukup jelas.)

5. Two letters of recommendation from lecturers or advisors
(gunakan hanya "confidential letter of recommendation" yang ada di halaman 4 formulir aplikasi, satu lembar untuk satu orang pemberi rekomendasi. gue dulu minta ke ketua jurusan dan dekan. minta mereka untuk mengisi sesuai instruksi di lembaran surat rekomendasi, lalu suratnya dimasukkan ke amplop tertutup, dan di bagian belakang amplopnya ditandatangani. ini untuk menunjukkan bahwa kamu sama sekali tidak mengetahui isi rekomendasi.
kedua amplop ini seharusnya dikirim langsung oleh pemberi rekomendasi. kalau tidak bisa, maka kamu sendirilah yang harus mengirimkannya. masukkan kedua amplop surat tersebut ke dalam sebuah amplop coklat besar, kirim ke universitas chulalongkorn, sekalian kamu kirim formulir aplikasi - di amplop terpisah ya! di bagian pengirim, untuk amplop berisi surat rekomendasi, tulis nama institusimu. untuk formulir aplikasi, tulis nama pribadi. ini akan memberi kesan kalau yang mengirim kedua amplop tersebut adalah dua pengirim berbeda.)


6. University testimonial letter
(bagian ini agak ribet. karena judulnya "university testimonial letter", surat ini harus berisi tidak hanya pernyataan dari petinggi kampus kalau kamu adalah benar-benar mahasiswa di sana dan bermaksud mengikuti beasiswa tersebut, tapi juga pengakuan dari mereka kalau kamu adalah mahasiswa yang berprestasi dan/atau pernah mengharumkan nama kampus, dan dengan demikian layak dicalonkan untuk menjadi wakil kampusmu sebagai penerima beasiswa tersebut. coba kontak rektorat di kampus, bagian kemahasiswaan. kalau perlu, ngobrol langsung sama pembantu rektor bidang kemahasiswaan.)

7. Language requirement: (cukup salah satu)
* TOEFL score: at least 90 (IBT) or higher, or
* IELTS score: at least 6 or higher, or
* CU-AAT score: at least 450 or higher (only verbal section), or
* SAT score: at least 450 or higher (only critical reading section)
Scores must be less than 2 years old based on the date of application.
(sudah punya skor toefl, tapi "cuma" itp alias paper-based? masih bisa apply, kok! klik di sini untuk mengecek perbandingan antara berbagai jenis skor toefl, dan di sini untuk lihat perbandingan skornya dengan ielts.)


Admission Criteria: (hal-hal yang menjadi pertimbangan penerimaan beasiswa)
1. TOEFL, IELTS, CU-AAT or SAT score report,
2. Transcript,
3. Letters of Recommendation,
4. Interview (to be conducted online)


Scholarship Details
1. Four scholarships are available. The grant will be divided into 4 payments: the first month 20,000 baht, second month 10,000 baht, third month 10,000 baht and the fourth month 10,000 baht.*
(pada tahun 2010, hanya ada tiga penerima beasiswa alih-alih empat, dan bantuan biaya hidup diberikan sekaligus 50 ribu baht di awal program.)

2. The tuition fee of 1 semester worth 78,000 baht will also be provided.
(cukup jelas.)

3. The grant will cover only the first semester of 2011 (August to December 2011).
(cukup jelas. program ini akan berlangsung pada semester ganjil untuk kelas internasional di universitas chulalongkorn, yaitu dari awal agustus hingga awal desember, selama 16 minggu. maka, beasiswa biaya kuliah dan biaya hidup akan di-cover sepanjang periode tersebut.)
* Combined total of numbers one and two is equivalent to 110,000 baht.


Deadlines
Application Submission: February 1 - March 31, 2011
Interview Session: April 2011. Date to be announced.
Scholarship Announcement: April 30, 2011


Please note:
* The final decision for admission will be determined by the by Program’s Administrative Board.
* Submit your application and all supporting documents to the following address:

Communication Management-English Program
Faculty of Communication Arts
Chulalongkorn University
Phayathai Road
Pathumwan, Bangkok 10330 Thailand
(ya, semua dokumen harus dikirim lewat pos! tahun lalu, gue pakai ems alias express mail service dari kantor pos indonesia, untuk kirim dua amplop berisi masing-masing formulir aplikasi dan surat rekomendasi. tarifnya dalam dolar amerika, bisa dilihat di sini. tarif ems adalah yang paling murah, dibandingkan dengan jasa pengiriman swasta macam fedex atau ups. kalau khawatir dokumen hardcopy-nya telat nyampe, kirim softcopy-nya duluan boleh kok!)

2 feedbacks:

Tarinadiyya said...

hello, i'm interested in applying this scholarship and currently in the process of preparing the requirements. mau nanya, kalo kirimnya lewat email kira2 bisa gak ya? takut lewat deadline kalo pake pos soalnya.

thanks in advance :)

Cerita Hujan said...

Perkenalkan saya Suci..konvers ibt 90 ke Tofl itp berapa ya? trus yang link untuk download for gak bisa di klik,,bisa diperbaharui.? terakhir...di sana kita belajar apa aja?
.terimakasih

Post a Comment