Wednesday, 8 September 2010

feedjit

waktu awal-awal ngeblog dulu, gue mengandalkan tagboard (semacam message board widget, sekarang gue pakenya shoutmix), comment, dan hit counter untuk mengecek seberapa sering blog gue dikunjungi. tapi ketiga alat bantu itu ternyata punya kemampuan yang terbatas, sehingga gue ga bisa terlalu memastikan bahwa blog gue itu cukup populer, huahaha.

tagboard sama comment sebenernya esensinya sama; buat meninggalkan pesan. bedanya, tagboard bisa dilihat dan diisi langsung di halaman utama, sedangkan comment itu ada buat setiap postingan. kendala keduanya juga sama: ga semua pengunjung berminat meninggalkan pesan. mereka cuma pengen mampir, mungkin lirik-lirik sejenak, terus lanjut blogwalking lagi tanpa meninggalkan pesan yang bisa diidentifikasi dari siapa. jejak mereka cuma terlacak di hit counter.

tapi hit counter pun sebetulnya ga terlalu menjamin bahwa blog seseorang dibuka banyak orang, karena hit counter akan bertambah satu angka setiap kali alamat blog itu dikunjungi, masa bodoh yang buka cuma satu orang tapi di lima window sekaligus, dan di masing-masing window ada lima tab (niat amat yak, hehehe). atau, contoh yang tidak terlalu lebay, adalah kalau si pemilik blognya sering ganti layout, nah kan bakal sering preview tuh... dan pastinya si hit counter ini berfungsi dong.

makanya, ketika sekarang ngeblog lagi, gue seneng banget ada feedjit. widget keren ini bisa mendeteksi dari mana asal pengunjung blog secara live. kan kalo blog gue dikunjungi sama orang-orang dari berbagai negara kan kesannya gue gaul banget gimana gitu ya aduh susah menjelaskannya dengan kata-kata. hahaha. tapi ya sebenernya kadang agak kurang berguna juga sih ini si feedjit, soalnya, kalo gue mau ganti layout blog kan gue bakal terdeteksi sebagai pengunjung juga. belum lagi kalo gue lagi penasaran pengen liat komentar terbaru atau semacamnya. pokoknya, kalau lihat visitor from bangkok, krung thep (itu nama provinsi, btw), itu hampir bisa dipastikan adalah gue... hehehe.

eh tapi gue baru saja menemukan satu kebegoan si feedjit. aduh mas, tolong belajar geografi dulu dong ya kalo mau jadi widget yang cerdas memetakan tempat asal orang.

1 feedbacks:

Begy said...

iya loh Ji, pake feedjit gue berasa blog gue udah go international hahaha

Post a Comment