Tuesday 7 December 2010

di akhir semester pertukaran

sebel deh sama blogger, sekarang kalau mau posting jadi rada riweuh karena ikon-ikon buat format teks dan masukin link atau gambar, pokonya yang ada di atas boks buat nulis blognya, itu gambar-gambarnya pada ilang. jadi sempet suka salah klik gitu. jadi harus dideketin dulu si ikonnya, sambil liat keterangan yang muncul di samping kursor. oh, ini align right, di sebelah kirinya align centre, di sebelah kanannya justify full. gilak, sampe hafal gitu akhirnya gue, hahaha. ah ternyata ada blessing in disguise-nya juga.

maka begitulah, akhirnya gue memutuskan untuk kembali posting setelah beberapa lama pundung sama blogger. dan sibuk ujian akhir semester. ah, masih zaman ya angkatan dua ribu enam ikutan uas? yang penting kan ujiannya di bangkok, bukan di jatinangor... kalo yang terakhir itu mah ujiannya langsung sidang job training, sidang usmas, sidang kompre, sama sidang skripsi aja deh. hihihi.

sekilas info nih, universitas chulalongkorn ini punya dua sistem kurikulum yang berbeda, thai program dan english program - atau international program. semacam itulah. nah, kedua program ini punya kalender akademik yang berbeda juga. yang english program mulai tahun akademiknya di bulan agustus, sedangkan yang thai program bulan oktober. jadi, pas yang english program lagi uts alias ujian tengah semester, thai program lagi uas, dan sebaliknya.

gue ga tau terlalu detail soal kalender akademiknya thai program, tapi mari bicarakan saja yang punya english program. lama kuliahnya enam belas minggu termasuk musim ujian akhir masing-masing buat semester ganjil dan genap. habis itu libur dua bulan, di akhir setiap semester. biasanya, libur di akhir semester ganjil bakal dipakai magang (rata-rata sih tahun ketiga atau keempat yang begini, kalau yang lebih muda sih lebih bebas mau ngapain), dan di akhir semester genap dipakai buat semester pendek. sama seperti umumnya di indonesia, semester pendek itu ga wajib.

karena itulah, sebenarnya gue hanya perlu tinggal di thailand selama empat bulan. dan setelah ujian akhir semester gue resmi berakhir hari jumat kemarin, sesungguhnya gue udah boleh pulang (eh kok kaya abis dirawat di rumah sakit ya jadinya?). itulah mengapa ken udah pulang dari hari sabtu, dan mal bakal pulang besok. karena semester ganjil sudah berakhir, dan mahasiswa english program di kampus gue bakal mulai kuliah lagi bulan maret. jadi sekarang mereka libur panjaaaaaaaang... bisa menikmati libur akhir tahun tanpa kepikiran ujian akhir semester di awal januari tahun depannya (hahaha jadwal unpad banget ini mah).

lantas apa gerangan yang membuat gue belum juga kembali ke tanah air?
pertama, karena proyek kuliah performing arts gue belum selesai. karena judulnya performing arts, maka gue harus bikin pertunjukan lah ya. dan karena anak-anak di kelas ini ga mau pertunjukannya pas minggu uas, jadilah tanggal mainnya tanggal 9 desember ini.
kedua, karena belum ada kabar lebih lanjut dari garuda indonesia terkait tiket bangkok-jakarta yang rencananya mau mereka sponsori. mbak-mbak yang bertugas menghubungi gue (dan lama banget nunggu balesan emailnya) itu ternyata lagi cuti, dan baru bakal balik kerja lagi besok. padahal kan gue udah pengen pulaaaaang... kangen gurilem banget banget deh. meh.
ketiga, karena proyek penelitian gue tentang penyensoran iklan televisi itu masih mentok di satu lagi narasumber kunci yang belum gue wawancara, yaitu anggota komite sensornya. udah dua kali aja gitu ya gue jadwal-ulang wawancaranya, bahkan yang terakhir itu gue udah sempet pergi ke kampus di mana beliau mengajar, yang mana ongkos ke sana aja butuh seratus baht bolak-balik. dan gue baru nyadar kalo gue janjian wawancara lagi sama dia hari kamis, pas banget sama hari pertunjukan buat performing arts. graow graow.
tadinya gue juga berniat buat main ke kamboja, vietnam, dan laos, di mana beberapa temen gue udah menanti dan siap menampung. sayang sekali ternyata kami belum berjodoh tahun ini.

mari akhiri tulisan ini dengan sebuah kabar gembira: museum patung lilin madame tussaud's sudah dibuka di bangkok sejak tanggal empat! dan karena baru buka, ada promosi tiket beli satu gratis satu, yang gue udah beli berdua bareng mal, dan bakal kami nikmati enam jam dari sekarang. kalau harus bayar harga tiket masuk penuhnya, yang mana senilai 700 baht (210 ribu rupiah), gue jelas bakal bilang tidak. lah ya masa lebih mahal dari yang di berlin...

0 feedbacks:

Post a Comment