Thursday 9 September 2010

takbiran!

hari terakhir ramadhan, sebagai blogger yang berdedikasi rasanya ga afdol kalo ga posting tentang lebaran.

dulu, gue selalu berandai-andai gimana rasanya lebaran di negeri orang. pas ngalamin sendiri, ternyata...

gue kangen buka puasa pakai ketupat dan opor. kangen suara takbiran dan petasan yang berisiknya ampun-ampunan. kangen ngelirik baju lebaran dengan tatapan penuh damba. kangen aneka kue kering buatan nyokap yang udah disusun rapi di meja ruang tamu. kangen males-malesan di ruang nonton tv sambil ngemil kue keju, nastar, cornflake, dan putri salju, setelah seharian beres-beres rumah. kangen bikin cornflake coklat sehabis buka (sambil jilat-jilat coklat leleh yang nempel di jari). kangen libur kuliah, di mana tugas-tugas akan dibiarkan terbengkalai sampai habis lebaran, dan hari-hari terakhir puasa gue malah kelimpungan mau ngapain. kangen nyokap gue bilang, "mbak, dorokdok-nya jangan diabisin!"

hari ini gue buka puasa pakai pocky strawberry. baru makan malam jam delapan, setelah cuci piring-sendok-garpu-rice cooker-kukusan. bikin bubur pake kaldu sapi (instan, tentu) terus ditimpa sawi kukus. ga ada kue kering, tapi gue punya sebungkus rice cracker yang langsung habis dalam sepuluh menit. di luar, seperti biasa, berisik balapan motor liar tengah malam. nyetrika seragam buat besok - iya, besok gue kuliah jam satu siang sampai jam empat sore.

(baju lebaran gue besok. satu hari dua setel baju... hehehe)

takbiran malam ini cuma bisa dinikmati lewat youtube, yang gue putar ulang setiap kali videonya habis. waktu videonya baru aja mulai, cessss... eh tiba-tiba pipi basah.

dan sekarang sudah dua belas menit lewat jam sebelas malam...

mungkin gue bakal begadang semalaman. maksud hati sih kemarin mau bersih-bersih kamar, tapi apa daya waktu tak mengizinkan, jadi mungkin malam ini deh sekalian. lagian, gue ga mau ketinggalan shalat id.

yah, yang penting gue masih ada kesempatan buat ikut shalat id... dan gue bisa ngerti penceramahnya nanti ngomong apa, karena shalatnya di kbri. bahkan habis itu bakal ada open house sampai siang, jadi besok gue bakal tetap bisa ketemu ketupat. tapi ya tetep, habis itu harus kuliah... huhuhu kangen libur lebaran tiada terkira.

tapi, terlepas dari kangen macam-macam ritual pra-lebaran, ramadhan kali ini penuh berkah, sangat berkesan, dan luar biasa menyenangkan. ini pertama kalinya gue puasa dan lebaran jauh dari rumah, tinggal sendirian, ngurus kehidupan sehari-hari dengan tangan sendiri, dan pake ikut lomba debat segala. but there is always a first time for everything, and i am (trying to) enjoy those experiences to bits.

ngomong-ngomong, lebaran tahun ini harinya "cantik" deh. tanggalnya bagus, 100910. pas hari jumat pula. mudah-mudahan tahun depan gue masih bisa ngerayain lebaran, terlepas gue ada di mana dan sama siapa ngerayainnya.

dan mudah-mudahan, hari sabtu mendatang, pendeta asal amerika ini udah kembali kewarasannya dan ga bakal nekat bakar Al-Quran. belum aja nanti gereja anda dibakar, atau tentara amerika di timur tengah sono dibunuhin gara-gara ulah anda bikin ngamuk umat setempat. kayanya anda kurang apdet deh om, orang islam kan juga banyak yang meninggal waktu 9/11. dan bendera itu beda sama kitab suci!

anywayy... selamat (liburan) lebaran, teman-teman dan pembaca sekalian! minal aidin walfaizin, diucapkan dengan tulus hati, langsung dari bangkok. :)

0 feedbacks:

Post a Comment