Tuesday 7 September 2010

good food, good mood

terus terang, gue bukan ahli masak. kalo di rumah pun paling banter masak air atau mi instan. atau kalo lagi rajin dikit, boleh deh masak pancake atau spaghetti. abis ya gimana, gue ga ada kesempatan masak karena tiap hari udah ada makanan bikinan pembantu. *berkelit

selama menjadi educational refugee di bangkok sini, tanpa masakan buatan rumah, otomatis gue harus menyiapkan segala kebutuhan konsumsi sendirian. untungnya, nyokap gue sangat pengertian: gue dibekali satu kardus supermi dan setengah kilo abon sapi. tidak untungnya, di apartemen gue ga ada dapur, jadi si supermi itu nyaris tidak berguna. gue pun harus mengabari kondisi tersebut ke nyokap gue, yang awalnya berencana mau masak macem-macem selama nengokin gue di sini bulan oktober nanti. tentunya tak lupa untuk memesan satu kardus popmie sebagai pengganti supermi yang terancam menganggur.

pada awalnya sih gue ga terlalu puyeng soal makanan, tinggal beli makan siang di kantin, makan malam bisa beli di luar atau dibawa pulang. bangkok ga pernah kekurangan makanan, tinggal lirik kanan kiri sedikit bisa lihat penjual makanan di mana-mana. harganya? jangan ditanya, murahnya bisa bikin geleng-geleng kepala! dengan harga sekitar sepuluh ribu rupiah, satu mangkok mi kuah dengan daging (bukan baso) sapi sudah bisa didapat, porsinya gede banget pula. mau yang agak mahalan dikit? there you have it, the sky is the limit!

tapi kemudian gue mikir... masa iya gue mau begitu terus selama empat bulan? apalagi waktu bulan puasa, pengen lah ya gue makan nasi panas di pagi buta. dan jrengjrengjreng... linda pun muncul sebagai penyelamat gue ketika dia bilang, "nih, lo bawa aja rice cooker cowo gue! bisa buat kukus-mengukus juga lho..."

baiklah... tak ada kompor, penanak nasi pun jadi!

waktu si penanak nasi pinjaman ini berhasil menuntaskan misi pertamanya, ternyata gue masak nasinya kebanyakan. yasudah deh, nasinya gue masukin ke kulkas. pas mau dimakan, kan nasinya jadi kering tuh, harusnya bisa dikukus sih tapi gue males soalnya pasti bakalan lama. biar praktis, gue taruh aja nasi kering itu di wadah penanak nasinya, terus gue tambahin air dan abon. eh, berhasil!

sejak saat itu, gue berpikir buat benar-benar memakai si penanak nasi ini buat masak, bukan cuma nasi belaka, tapi buat bikin lauk-pauknya juga. cuma apa mau dikata, dengan keterampilan memasak yang seadanya, gue ga bisa masak yang heboh-heboh, ayam kukus lemon misalnya. tapi gue ga kehabisan strategi dong... gue memutuskan untuk memasak nasi campur.

kelak, segala bahan baku akan dimasukkan tumplek plek langsung semuanya ke dalam rice cooker, dan mereka akan kompak matang bersama-sama. ga usah pusing soal rasa, cukup pakai bumbu instan - entah itu soup seasoning atau seasoning mix alias bumbu siap masak. biar makanannya agak bergizi, tinggal ditambah sayur mayur saja. jangan lupa buah dan susu kedelai satu kotak, biar empat sehat lima sempurnanya lengkap. dengan porsi yang cukup untuk satu kali makan pas buka puasa (atau dilebihin dikit biar bisa buat sahur sekalian), gue bisa irit sabun cuci piring dengan makan langsung dari rice cooker, hahaha.

selain percobaan nasi abon (yang jadi mirip bubur tapi tetap enak), gue juga udah berhasil nyoba masak nasi pakai ayam goreng yang disuwir (akhirnya jadi mirip nasi tim, yang juga enak bangets). terakhir, gue nyoba masak beef noodle soup, dengan bahan mi basah + daging sapi iris + bumbu kuah sup rasa sapi, yang hasilnya mantaps. gue juga udah berhasil mencoba fitur kukus-mengukusnya, dalam rangka menghangatkan makanan hasil take away dari kbri. dan sekarang gue merasa sangat bahagia punya rice cooker di apartemen, masak-memasak jadi mudah dan sehat, karena gue ga masak goreng-gorengan... hohoho. apalagi, rice cooker pinjaman ini punya prestasi yang lumayan: sejauh ini, dia dipakai buat masak apapun belum pernah gagal! me loves my fail-proof rice cooker!

oh, dan omong-omong, gue tadi mampir ke tesco lotus di chamcuri square, maksud hati mau membeli lauk pauk untuk buka puasa. eh, ternyata malah ngiler macem-macem, dan pandangan gue tertambat pada sepinggan deep fried fish sausage, harganya 30 baht saja. pucuk dicinta ulam tiba nih, gue kan lagi ngidam pempek dan otak-otak. eh, setelah dicoba, ternyata makanan ini enak sekaliiii.... banyak banget pula. oh sosis ikan goreng, kau sungguh menjanjikan... gue sanggup deh ditantang satu minggu makan nasi dengan hanya engkau sebagai lauknya.

intinya mah, perut kenyang hati senang, pundi-pundi pun tenang... hehehe.

saatnya mengerjakan essay kebudayaan thailand DAN seminar komunikasi!
meh, implikasi bolos seminggu demi debat.

0 feedbacks:

Post a Comment