Sunday 5 September 2010

ganti kulit

sejak gue mulai punya blog pada tahun 2004, personalisasi blog adalah urusan yang paling menyenangkan sekaligus bikin ribet. namanya juga blog pribadi, jadi tampilan juga harus mencerminkan kepribadian dong (naon sih).

tapi, di masa itu, niat buat ganti layout (dulu gue nyebutnya dengan panggilan sayang "skin") akan memunculkan konsekuensi panjang: pilih-pilih layout blog yang oke, kalo udah dapet yang kira-kira keren maka di-preview satu-satu sebelum di-download. muncullah dia dalam bentuk kode-kode html yang memusingkan, yang masih harus diutak-atik lagi biar kesannya lebih personal. jangan lupa masukin kode-kode tambahan buat isi sidebar kaya shoutbox, hit counter, dan semacamnya. habis itu, di copy-paste deh kodenya ke bagian "edit html". kalau berhasil, ya hore. kalau preview-nya berantakan? ya ngedit lagi... huhuhu.


(bagian yang paling bikin pusing kalau mau ganti template)

dulu, personalisasi blog berarti memulai perburuan di blogskins, buka kode html pakai notepad, terus edit-edit skin, baru diujicoba di blogger. oh ya, untuk urusan header pic dan lain-lain yang berurusan dengan gambar, gue harus upload gambar-gambar yang berkepentingan dengan skin itu ke akun pribadi gue di situs hosting gambar (mine was in photobucket). karena pada masa itu internet masih termasuk kebutuhan sekunder yang tidak disediakan oleh nyonya rumah, gue bisa nangkring berjam-jam di warnet sebelah sekolah. tapi, karena bikin boros, akhirnya gue ngedit skin secara offline di rumah pakai microsoft frontpage sebelum pergi ke warnet buat preview. selain itu, biar edit-mengedit jadi lebih praktis, gue juga nyimpen alamat-alamat situs buat dipasang sebagai link, juga kode html buat tagboard, comments, hit counter, dan lain-lain. jadi, kalau suatu waktu nemu skin yang oke, gue tinggal copy-paste kode-kode itu dan bisa langsung preview di blogger.

meskipun merepotkan, ternyata berkutat dengan kode-kode html ini ada manfaatnya juga. waktu sma dulu, gue ada pelajaran teknik informatika (padahal mah komputer doang), dan salah satu materi yang diulang-ulang terus dari kelas dua sampai mau lulus adalah kode html. maka, buat gue dan diani, ini jadi soal yang paling cincay... hehehe.

setelah lamaaaaa banget ga ngeblog, gue jadi agak gagap ngedit layout. mau ganti skin pun jadi males, keinget ribetnya urusan sama kode html, dan desain di blogskins juga makin garing.

tapi ternyata, ngeblog di tahun 2010 lebih menyenangkan, saudara-saudara!
situs-situs penyedia layout atau template bertebaran di mana-mana, dengan desain yang sangat variatif, dan tersedia untuk macam-macam situs blogging seperti blogger dan wordpress. ga perlu daftar, pengunjung bisa langsung lihat demo (atau preview) langsung si layout. kalau suka, tinggal download. gratis!

dan yang lebih menyenangkan lagi, si layout ini nggak lagi muncul dalam wujud kode html yang sama sekali tidak bersahabat secara visual. dengan format .xml, layout ini tinggal di-upload ke blogger. kebutuhan edit-mengedit di bagian "edit html" pun jadi sangat minor, karena blogger sekarang punya bagian "page elements" yang sangat membantu tata letak halaman. yihay!

maka, dengan tekad bulat dan hati gembira, gue mendedikasikan hari ini untuk merombak wujud blog ini! hohohoho. berikut sebagian contoh template yang udah gue download dan ujicoba :)

(I love this one, tapi kok rasanya kurang "bangkok" gimanaa gitu... hahaha)


(kalau pakai yang ini, tinggal personalise background-nya aja, tapi ternyata background image-nya repeated gitu, bikin jelek dekor.)


(yang ini lumayan, tapi gambar entah-apa di sudut kiri atas itu rasanya agak ga nyambung... tapi kalo dihapus malah jadi garing.)


(I kindof like the simplicity, tapi kalo bisa pake header pic kayanya bakal lebih keren.)



p. s: tujuh jam kemudian, akhirnya gue memutuskan untuk pakai layout yang pertama, setelah nambah-nambahin widget dan ganti judul blog. fuhh! akhirnya gue bisa makan malam dengan tenang. eh ya ampun, besok kan ada make-up class jam sembilan! -_-

1 feedbacks:

Bagia said...

ah cari layout yg sesuai kepribadian emang aga2 susah. kalo aku sih ujung2nya pake basic template blogger cuma warnanya aja yg di-personalized.

dan OH TERNYATA PUJI LG DI BANGKOK YA??? keren2...

Post a Comment